13 Trik Ampuh Agar Sinyal WiFi di HP Android Selalu Kuat!

13 Trik Ampuh Agar Sinyal WiFi di HP Android Selalu Kuat!

Memahami teknik untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi pada perangkat Android menjadi keterampilan penting bagi para penggunanya.

Ini terutama penting dalam situasi dimana sinyal WiFi yang lemah atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali, menghambat akses internet melalui jaringan WiFi router.

Situasi ini menuntut pengguna untuk mengetahui cara efektif dalam meningkatkan sinyal WiFi pada perangkat Android mereka.

Sebelum menjelajahi metode peningkatan sinyal, penting untuk memahami alasan di balik lemahnya sinyal WiFi pada perangkat Android.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini dapat bervariasi, termasuk lokasi perangkat yang terlalu jauh dari router, adanya gangguan pada sistem operasi perangkat, atau masalah pada router itu sendiri.

Penyebab umum lain dari sinyal WiFi yang lemah

Penyebab umum lain dari sinyal WiFi yang lemah mencakup jarak antara perangkat dan router yang terlalu jauh, mengakibatkan sinyal yang tidak optimal. Gangguan pada sistem operasi perangkat dan router juga dapat menurunkan kualitas sinyal WiFi.

Untungnya, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah sinyal WiFi yang lemah pada perangkat Android, yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh koneksi internet yang lebih stabil dan cepat melalui WiFi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara meningkatkan sinyal WiFi pada perangkat Android, mari kita jelajahi beberapa solusi yang tersedia.

Cara yang dapat meningkatkan kecepatan WiFi pada Android

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kecepatan WiFi pada perangkat Android:

1. Menempatkan Router di Lokasi yang Strategis

Penting untuk memastikan bahwa router diletakkan di lokasi yang dapat dijangkau oleh semua perangkat tanpa halangan.

Tempatkan router di pusat kegiatan dan hindari area yang terhalang oleh dinding tebal atau perangkat elektronik lain, untuk meminimalisir potensi gangguan pada sinyal.

2. Menyesuaikan Posisi Antena Router

Untuk router yang dilengkapi antena eksternal, cobalah untuk mengatur satu antena dalam posisi vertikal dan yang lainnya secara horizontal. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan cakupan dan efisiensi sinyal yang ditransmisikan dan diterima oleh perangkat.

3. Memperbarui Kata Sandi dengan Komposisi yang Lebih Aman

Mengamankan jaringan WiFi dengan kata sandi yang kuat merupakan langkah penting untuk mencegah akses tidak sah. Akses yang tidak sah ini dapat membebani jaringan dan mengurangi kecepatan internet untuk pengguna yang sah.

4. Memisahkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat menghasilkan interferensi gelombang mikro yang berdampak pada kekuatan sinyal WiFi. Oleh karena itu, jauhkan router dari perangkat semacam ini untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal di perangkat Android.

5. Memilih Frekuensi WiFi 5 GHz

Memilih Frekuensi WiFi 5 GHz
Foto: Unsplash/Samsung Memory

Router modern biasanya menawarkan pilihan frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Frekuensi 5 GHz cenderung kurang padat dan mengalami gangguan yang lebih sedikit dibandingkan dengan 2,4 GHz, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi mereka yang berada di lingkungan dengan banyak perangkat elektronik.

6. Seleksi Channel WiFi yang Kurang Padat

Di area padat seperti apartemen atau kompleks perumahan, dimana banyak penggunaan router bersama, memilih channel WiFi yang kurang sesak akan mengurangi gangguan sinyal.

Aplikasi seperti WiFi Analyzer pada smartphone Android dapat membantu menganalisa sinyal WiFi sekitar dan menentukan channel yang kurang digunakan.

7. Nonaktifkan Koneksi WiFi pada Perangkat yang Tidak Aktif

Langkah selanjutnya untuk menguatkan sinyal WiFi adalah dengan menonaktifkan perangkat yang tidak sedang digunakan.

Ini akan mengurangi pemakaian bandwidth secara keseluruhan. Semakin sedikit perangkat yang terkoneksi, maka kecepatan internet per perangkat akan lebih optimal.

8. Manfaatkan Repeater WiFi

Untuk memperkuat sinyal WiFi, penggunaan perangkat tambahan seperti WiFi Repeater sangat dianjurkan. WiFi Repeater berfungsi untuk memperluas cakupan sinyal WiFi ke area yang lebih luas, terutama yang sulit dijangkau oleh sinyal router secara langsung.

9. Hapus dan Sambungkan Ulang Koneksi WiFi

Metode lain untuk memperkuat sinyal WiFi pada perangkat Android adalah dengan menghapus koneksi jaringan WiFi yang telah tersimpan, kemudian menyambungkannya kembali.

Pengguna dapat melakukan ini dengan membuka pengaturan jaringan WiFi, memilih jaringan yang bermasalah, dan memilih opsi untuk “menghapus” atau “melupakan” jaringan tersebut sebelum menyambungkan kembali dengan memasukkan kata sandi yang benar.

10. Restart Perangkat Android

Cara ke sepuluh untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi adalah dengan merestart perangkat Android. Ini dapat membantu menyegarkan sistem dan potensial mengatasi masalah sinyal WiFi yang lemah.

Untuk melakukan restart, cukup matikan perangkat dengan menekan tombol power, tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol power lagi.

11. Memperbaharui Perangkat Lunak Ponsel Android

Langkah selanjutnya untuk menguatkan sinyal WiFi pada ponsel Android adalah dengan melakukan pembaruan atau update pada sistem perangkat lunaknya.

Melakukan update perangkat lunak seringkali menghadirkan berbagai perbaikan, termasuk kemungkinan perbaikan terhadap masalah jaringan yang ada.

Karena itu, jika ada versi terbaru dari perangkat lunak atau sistem operasi, disarankan bagi pengguna untuk melakukan pembaruan guna membantu mengatasi masalah dengan sinyal WiFi yang lemah. Proses update ini dapat dilakukan melalui menu pengaturan pada perangkat lunak di ponsel Android.

12. Memulai Ulang Router

Sebagai langkah ke-12, pengguna dapat mencoba memulai ulang router mereka. Ini dapat dilakukan dengan mematikan router menggunakan tombol daya, yang biasanya terletak di bagian belakang perangkat.

Setelah itu, tunggu sekitar 30 detik sebelum menyalakannya kembali. Tunggu hingga lampu indikator pada perangkat menyala dan beri waktu sekitar 1 menit sampai lampu DSL (digital subscriber line) berkedip secara stabil, menandakan bahwa koneksi internet telah tersambung dan siap digunakan.

13. Meningkatkan Router

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan pengguna adalah mengganti atau meningkatkan router mereka ke model yang lebih baru.

Router lama mungkin tidak lagi efektif dalam menyediakan koneksi internet dengan kecepatan yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan penggantian atau peningkatan router.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, pengguna dapat mengatasi masalah sinyal WiFi yang lemah pada ponsel Android mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk berselancar di internet dengan lebih lancar.

Selain itu, pengguna juga bisa menghubungi penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut terkait masalah sinyal WiFi yang lemah.

Bagikan:

Tags

Related Articles