Tips Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Meninggalkan Jejak

Tips Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Meninggalkan Jejak

Fitur keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui telah menjadi solusi yang dinanti-nantikan bagi banyak pengguna aplikasi pesan populer ini.

Dirilis sejak akhir Agustus, fitur ini memungkinkan pengguna untuk meninggalkan grup tanpa meninggalkan jejak yang dapat dilihat oleh anggota lain.

Dalam konteks sosial yang serba digital ini, di mana interaksi grup menjadi hal yang umum, terkadang ada situasi di mana pengguna ingin keluar dari grup tanpa menimbulkan kehebohan atau kecurigaan di antara anggota grup lainnya.

Sebelum fitur ini diperkenalkan, ketika seseorang meninggalkan grup, notifikasi akan muncul di ruang obrolan grup yang menyatakan “(nama anggota) keluar (left)”.

Namun, dengan fitur baru ini, anggota grup dapat meninggalkan grup tanpa ada notifikasi yang muncul, sehingga tidak ada yang mengetahui bahwa mereka telah keluar.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Ini?

Pertama-tama, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah mengunduh dan memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, yaitu versi 2.22.20.79 untuk pengguna Android. Setelah itu, langkah-langkahnya sangat sederhana:

  • Buka Grup WhatsApp: Mulailah dengan membuka grup WhatsApp yang ingin Anda tinggalkan.
  • Tekan Ikon Titik Tiga: Di ruang obrolan grup, cari dan tekan ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas aplikasi.
  • Pilih “More” dan “Exit Group”: Dari menu yang muncul, pilih opsi “More” atau “Lainnya”, lalu pilih “Exit Group” atau “Keluar dari Grup”.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui oleh anggota grup lainnya. Ini sangat berguna untuk menjaga privasi dan menghindari situasi yang mungkin membingungkan atau tidak diinginkan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun notifikasi tidak muncul, admin grup masih dapat mengetahui ketika seseorang meninggalkan grup. Ini karena admin grup tetap menerima notifikasi ketika anggota lain keluar dari grup WhatsApp.

Jadi, walaupun Anda meninggalkan grup secara diam-diam, admin grup tetap dapat mengetahuinya.

Fitur “View Past Participants”

Fitur "View Past Participants"
Foto: Unsplash/Mika Baumeister

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan fitur baru yang disebut “View Past Participants”, yang memungkinkan anggota grup untuk melihat daftar anggota yang pernah meninggalkan grup dalam 60 hari terakhir.

Fitur ini dapat diakses oleh admin grup atau anggota lainnya, sehingga meskipun notifikasi tidak muncul, anggota grup masih dapat melihat siapa saja yang telah meninggalkan grup dalam rentang waktu tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Grup WhatsApp: Buka grup WhatsApp yang diinginkan.
  • Tekan Nama Grup: Di ruang obrolan grup, tekan nama grup untuk masuk ke pengaturan grup.
  • Cari “View Past Participants”: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “View Past Participants” atau “Lihat Anggota Sebelumnya”.
  • Lihat Daftar Anggota: Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan melihat daftar anggota yang pernah meninggalkan grup.

Meskipun fitur ini masih memberikan akses kepada anggota untuk melihat siapa yang telah keluar dari grup, fitur keluar tanpa diketahui tetap menjadi pilihan yang berguna bagi pengguna yang ingin meninggalkan grup secara diam-diam.

Dengan fitur keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui, pengguna dapat meninggalkan grup tanpa menimbulkan kecurigaan di antara anggota grup lainnya

Meskipun tidak sepenuhnya tanpa jejak, fitur ini tetap menjadi solusi yang sangat dihargai bagi mereka yang menghargai privasi dan ingin menjaga interaksi dalam grup tetap lancar dan tidak mengganggu.

Dengan demikian, WhatsApp terus berupaya meningkatkan pengalaman pengguna dengan memperkenalkan fitur-fitur yang relevan dan berguna bagi jutaan penggunanya di seluruh dunia.

Bagikan:

Tags

Related Articles