Cara Simpel Membuat Caption Otomatis di TikTok untuk Konten yang Menarik

Cara Simpel Membuat Caption Otomatis di TikTok untuk Konten yang Menarik

Cara membuat caption otomatis di TikTok menjadi suatu kebutuhan penting bagi para kreator konten yang ingin menghadirkan konten yang lebih menarik dan inklusif.

Fitur ini memungkinkan konten yang dibuat dapat diakses oleh berbagai kalangan, termasuk orang-orang dengan berbagai tingkat pendengaran. Dengan adanya caption otomatis, audiens menjadi lebih luas dan tidak terbatas hanya pada mereka yang dapat mendengar audio.

Selain itu, caption otomatis juga memberikan kemudahan bagi pengguna dalam membaca konten di lingkungan yang bising, misalnya di tempat umum atau saat menggunakan transportasi umum.

Tak heran banyak kreator konten yang mulai menggunakan dan mengaktifkan caption otomatis di TikTok. Bagi Anda yang juga tertarik untuk memperkaya konten Anda dengan caption otomatis, berikut ini adalah tutorial lengkap cara membuatnya:

Cara Membuat Caption Otomatis di Konten Video TikTok:

  • Buka Akun TikTok Anda: Langkah pertama adalah membuka aplikasi TikTok dan masuk ke akun Anda.
  • Unggah Video: Klik ikon tambah (+) yang terletak di beranda TikTok untuk memulai proses unggah video.
  • Pilih Video yang Ingin Ditambahkan Caption: Pilih video yang ingin Anda tambahkan caption otomatisnya.
  • Pilih Opsi “Subtitle”: Pada bagian menu bar di sebelah kanan layar, pilih opsi “Subtitle”.
  • Pilih Bahasa: Setelah memilih “Subtitle”, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang diinginkan.
  • Buat Caption Otomatis: Nantinya, fitur caption akan terbuat secara otomatis pada video. Namun, pastikan video tersebut memiliki ucapan atau kalimat yang diucapkan. Jika video tidak memiliki kata-kata atau kalimat yang diucapkan, maka caption otomatis tidak akan terdeteksi.

Cara Membuat Caption Otomatis dari Audio Rekaman:

Cara Membuat Caption Otomatis dari Audio Rekaman
Foto: Unsplash/Aaron Weiss

Selain menambahkan caption otomatis dari ucapan dalam video, pengguna juga dapat menambahkan caption otomatis dari audio rekaman yang mereka buat. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Akun TikTok Anda: Masuk ke aplikasi TikTok dan buka akun Anda.
  • Unggah Video: Klik ikon tambah (+) di beranda TikTok untuk memulai proses unggah video.
  • Pilih Video yang Ingin Ditambahkan Caption: Pilih video yang akan Anda tambahkan caption otomatis dari audio rekaman.
  • Pilih Opsi “Suara” dan “Rekam”: Pada bagian menu bar di sebelah kanan, pilih opsi “Suara” dan kemudian pilih “Rekam” untuk memulai merekam suara yang ingin ditambahkan di video.
  • Tambahkan Caption Otomatis: Setelah selesai merekam, klik opsi “Teks” atau pilih “Subtitle” untuk menambahkan caption otomatis dari audio yang direkam.

Cara Menampilkan Caption di Konten yang Ditonton:

Bagi penonton yang ingin menampilkan caption di video TikTok yang ditonton, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Akun TikTok Anda: Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun Anda.
  • Pilih Video yang Ditonton: Pastikan video yang sedang diputar sudah mendukung caption otomatis yang disediakan oleh kreator. Anda dapat memastikannya dengan mengklik ikon share (tanda panah) yang berada di pojok kanan bawah.
  • Aktifkan Captions: Jika tersedia, fitur “Captions” akan muncul di antara opsi “Use This Effect” dan “Duet”. Klik opsi “Captions” untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Auto Captions yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi.
  • Teks akan Dimunculkan: Setelah mengaktifkan fitur captions, teks akan ditampilkan lewat jendela pop-up kecil di bagian bawah video.

Dengan begitu, Anda dapat mengakses dan menikmati konten TikTok dengan caption otomatis yang membuat pengalaman menonton menjadi lebih inklusif dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Bagikan:

Tags

Related Articles